Sikap lilin adalah sikap meluruskan badan dengan sikap kedua kaki rapat keatas.

Sikap lilin adalah sebuah gerakan senam yang dilakukan di atas matras dengan gerakan kaki tegak berada di atas sedangkan kepala berada di bawah sehingga menyerupai lilin.

Manfaat Sikap Lilin:


Jika kita secara konsisten berlatih sikap lilin maka kita akan mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita, berikut ini beberapa manfaat sikap lilin.

  • Tubuh Lebih Seimbang.
    Beberapa gerakan yang ada dalam sikap lilin membutuhkan keseimbangan, hal ini menuntut dalam melakukan gerakan ini kita harus konsentrasi dan berlatih keseimbangan tubuh. Dengan latihan secara konsisten maka tubuh kita juga akan lebih seimbang dan juga pastinya dapat membantu performa kita dalam bekerja.

  • Otot Perut Lebih Terbentuk.
    Gerakan sikap lilin memerlukan kekuatan otot perut, sehingga jika konsisten berlatih maka otot perut terbentuk dengan baik dan pastinya akan membuat tubuh lebih indah dan lebih sehat.

  • Membentuk Kelenturan Tubuh.
    Gerakan yang ada di sikap lilin ini akan membuat tubuh lebih lentur, karena seperti yang kita ketahui gerakan tubuh dituntut mampu untuk bergerak dan ditekuk dengan baik. Dengan kelenturan tubuh yang baik ini menandakan jika otot kita juga masih normal, dan itu merupakan hal penting bagi kesehatan serta menunjang aktifitas sehari-hari.

  • Tubuh Lebih Sehat.
    Semua olahraga jika dilakukan secara teratur dan sesuai porsi pasti akan membuat tubuh lebih sehat, sama dengan halnya sikap lilin ini. Jika konsisten berlatih maka tubuh juga akan lebih sehat karena kita akan sering berkeringat dan meregangkan otot serta sendi yang kaku.

    [caption id="attachment_2668" align="alignnone" width="300"]Sikap Lilin Adalah Sikap Meluruskan Badan Dengan Sikap Sikap Lilin Adalah Sikap Meluruskan Badan Dengan Sikap[/caption]


Pembahasan Sikap Meluruskan Badan Dengan Sikap Lilin


Sikap lilin adalah gerakan mengangkat kaki lurus ke atas dan kepala berada di bawah sebagai tumpuan. Gerakan sikap lilin merupakan salah satu gerakan yang termasuk kedaam senam lantai. Gerakan sikap lilin dilakukan di lantai dengan alat bantu berupa matras agar tidak terjadi cidera. Cara melakukan gerakan sikap lilin adalah.

  1. Awalan dilakukan dengan gerakan terlentang di atas matras dengan kedua kaki lurus dan rapat. Kedua tangan berada disamping badan dan dalam keadaan lurus dan rapat dengan badan.

  2. Kemudian angkat kedua kaki secara bersamaan, kemudian angkat pinggul dengan bantuan kedua tangan. Pastikan kaki dan pinggul lurus dan ditopang dengan tangan yang menekuk pada siku tangan.

  3. Setelah kaki dan pinggul dirasa sudah lurus, pertahankan keseimbangan tubuh dengan mengurangi gerakan pada kaki.

  4. Pendaratan dilakukan dengan menurunkan kaki secara perlahan agar tidak terjadi cidera.


Untuk melakukan gerakan sikap lilin, diperlukan latihan yang rutin karena gerakan yang dilakukan tidak mudah, dan juga membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik.

Cara Melakukan Gerakan Sikap Lilin dengan Benar :


Dalam melaksanakan gerakan sikap lilin terdapat dua awalan yaitu dengan awalan jongkok dan awalan terlentang, berikut ini cara melakukannya :

1. Sikap lilin awalan jongkok.



  • Ambil sikap jongkok, setelah itu letakkan kedua tangan di atas matras dan badan membentuk sebuah segitiga sama sisi. Kemudian gerakan dahi di antara tangan kanan dan kiri, harus ditengah tengah agar seimbang saat melakukan pengangkatan.

  • Angkat kedua kaki dan pinggul keatas.
    Bagi Anda yang baru melakukan senam ini dapat meminta bantuan orang lain untuk melakukannya agar tidak terjadi cedera. Setelah itu Anda dapat berdiri seperti lilin yang tegak keatas. Untuk mendapatkan keseimbangan gunakan kedua tangan sebagai penyangga.


2. Sikap lilin awalan terlentang.



  • Anda harus tidur terlentang dan kedua kaki lurus rapat, sedangkan kedua tangan lurus berada di samping kanan dan kiri.

  • Padangan lurus keatas, setelah itu angkat kedua kaki dan pinggul bantu menggunakan tangan untuk dorongan kaki ke atas. Kaki harus rapat dengan didorong menggunakan tangan yang berbentuk seperti siku. Pastikan jika kaki dan pinggul Anda lurus, setelah itu jaga keseimbangannya.

  • Saat melakukan pendaratan atau menurunkan kaki harus pelan pelan, hal tersebut agar tidak terjadi cedera.