Alat pendinginan mesin mobil

alat pendingin mesin mobil brainly,nama pendingin mesin mobil,alat pendingin mesin motor,pendingin mesin mobil tambahan,cairan pendingin mesin mobil,fungsi thermostat adalah,fungsi water jacket,fungsi radiator motor,fungsi tutup radiator dengan 2 katup adalah,fungsi radiator brainly,fungsi water pump,fungsi radiator cap,fungsi radiator pada mesin diesel
alat pendingin mesin mobil brainly,nama pendingin mesin mobil,alat pendingin mesin motor,pendingin mesin mobil tambahan,cairan pendingin mesin mobil,fungsi thermostat adalah,fungsi water jacket,fungsi radiator motor,fungsi tutup radiator dengan 2 katup adalah,fungsi radiator brainly,fungsi water pump,fungsi radiator cap,fungsi radiator pada mesin diesel

Alat pendingin mesin mobil yang bernama radiator.

Radiator dilengkapi dengan cairan pendingin yang bersirkulasi pada setiap komponen mesin untuk mengambil panas dari mesin mobil. Panas berlebih ini perlu dibuang agar mesin dapat bekerja dengan baik. Cairan pendingin ini disebut dengan coolant.

Radiator sering kali kita dengar khususnya dalam bidang teknologi. Hal ini dikarenakan radiator merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan terkhusus mobil

Radiator berfungsi mendinginkan mesin mobil ketika bekerja. Pada saat suhu pada mesin mobil akan sangat tinggi saat dipakai untuk berkendara, hal tersebut menyebabkan mesin mobil bekerja lebih keras dan mengurangi efisiensinya. Bila tidak segera didinginkan, maka mesin mobil akan mengalami overheat, akibatnya adalah mesin akan mati atau tidak menyala.

Fungsi radiator mobil

Dalam mesin mobil, terjadi reaksi pembakaran yang dapat menimbulkan suhu panas. Suhu panas ini akan terus timbul selama mobil dalam kondisi nyala dan dikendarai.

Artinya, semakin lama Anda berkendara, makan semakin tinggi suhu panas yang diakibatkan pembakaran mesin. Oleh karena itu, mesin mobil butuh sistem pendinginan untuk mengontrol temperatur agar tidak terjadi overheat.

Fungsi radiator mobil adalah memindahkan kalor panas dari mesin mobil ke udara. Radiator akan mengalirkan air, atau biasa juga disebut coolant, ke saluran yang sudah terpasang mengelilingi mesin mobil.

Saat coolant mengalir, ia akan menyerap suhu panas dan membawanya kembali ke radiator. Ketika sudah kembali, radiator akan mendinginkan kembali coolant tersebut dan membuang suhu panas ke udara.

Cara kerja radiator

Fungsi radiator mobil sebagai pendingin suhu mobil dimulai dari mengalirnya air (coolant) bersuhu netral ke saluran yang mengelilingi mesin untuk menyerap panas.

Selama mengalir, air akan menyerap dan membawa suhu panas untuk kemudian dibawa kembali menuju radiator. Sesampainya di radiator, air pembawa suhu panas masuk ke upper tank. Di sini, proses pendinginan air akan terjadi.

Air tersebut kemudian akan diteruskan masuk ke radiator core yang berfungsi membuang suhu panas ke udara. Untuk mempercepat proses pembuangan suhu panas, radiator core dibantu kipas radiator dalam mengisap udara agar terjadi aliran di antara sirip-sirip udara pada radiator core.

Saat suhu panas sudah “dipindahkan” seluruhnya ke udara dan air kembali dingin, maka air tersebut akan dialirkan kembali mengitari mesin untuk menyerap panas.

Sudah jelas bahwa fungsi radiator mobil sangat penting dalam sistem pendinginan. Tanpa adanya radiator dalam sistem pendinginan, mesin mobil akan mengalami overheat ketika dipakai berkendara.

Komponen-komponen radiator

Fungsi radiator mobil sebenarnya tidaklah rumit. Namun, radiator memiliki komponen-komponen pendukung untuk memaksimalkan kerjanya. Tanpa adanya komponen, maka fungsi radiator pada sistem pendinginan mesin tidak akan optimal. Berikut ini komponen penting dalam radiator.

  • Upper tank – tempat penampungan air (coolant) pembawa suhu panas setelah mengitari mesin. Bentuk upper tank memanjang dan terletak di bagian atas radiator.
  • Radiator core – komponen inti yang berbentuk seperti pipa kecil dengan lubang di sekelilingnya. Bagian ini berfungsi menyalurkan suhu panas dari air yang telah melewati mesin ke udara luar.
  • Lower tank – tempat penampungan air setelah mengalami proses pendinginan. Letaknya berada di bagian bawah radiator. Air yang sudah berada di dalam lower tank siap dialirkan kembali melalui saluran yang mengelilingi mesin untuk menyerap suhu panas.
  • Sirip radiator – berfungsi membantu core dalam pelepasan panas dari air menuju ke udara. Karena berfungsi mendukung kinerja core, maka letak sirip radiator adalah di tengah-tengahnya.
  • Drain plus – terletak di bawah radiator pada lower tank dan berperan sebagai komponen penguras air pendingin.
  • Radiator cap – disebut juga sebagai tutup radiator, peran radiator cap adalah menutup lubang radiator, mengatur tekanan, dan tempat pengisian dari air. Komponen ini juga didesain untuk menutup radiator agar tidak terjadi kebocoran pada radiator mobil.
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *