Apa yang dimaksud dengan Dana Pensiun Lembaga Keuangan?

contoh dana pensiun lembaga keuangan,dana pensiun pemberi kerja,dana pensiun lembaga keuangan mikro,dana pensiun lembaga keuntungan,dplk manulife,jurnal dana pensiun lembaga keuangan,dplk mandiri,tabel simulasi dplk
contoh dana pensiun lembaga keuangan,dana pensiun pemberi kerja,dana pensiun lembaga keuangan mikro,dana pensiun lembaga keuntungan,dplk manulife,jurnal dana pensiun lembaga keuangan,dplk mandiri,tabel simulasi dplk

Dana Pensiun Lembaga Keuangan, adalah Dana Pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari Dana Pensiun pemberi kerja bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi jiwa.

contoh dana pensiun lembaga keuangan,dana pensiun pemberi kerja,dana pensiun lembaga keuangan mikro,dana pensiun lembaga keuntungan,dplk manulife,jurnal dana pensiun lembaga keuangan,dplk mandiri,tabel simulasi dplk
contoh dana pensiun lembaga keuangan,dana pensiun pemberi kerja,dana pensiun lembaga keuangan mikro,dana pensiun lembaga keuntungan,dplk manulife,jurnal dana pensiun lembaga keuangan,dplk mandiri,tabel simulasi dplk

lembaga-lembaga yang mengurusi dan mengelola dana pensiun : 

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) adalah lembaga yang mengurusi pengelolaan dana pensiun bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri. Lembaga ini umumnya dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP).

Metode kepesertaan yang bersifat sukarela. Siapa pun dapat menjadi pesertanya asal mendaftarkan diri dan menyetorkan dana sesuai kesepakatan dengan jangka waktu tertentu.

Dasar hukum dari DPLK adalah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992. DPLK hanya sifat lembaga, sementara pelaksanaannya bisa beragam, tergantung lembaga keuangan mana yang mau menghadirkan program dana pensiun ini.

Contoh DPLK yang ada di Indonesia adalah DPLK Manulife, DPLK Muamalat, DPLK BRI, dan lain sebagainya.

Ketika Anda memutuskan dana Anda dikelola oleh DPLK, pahami bahwa Anda akan menjadi penanggung risiko dari kegiatan investasi yang dilakukan dan dikelola oleh DPLK yang Anda pilih.

Sifat manfaat pensiun dari program pensiun di DPLK menjadi tidak pasti sebab bergantung hasil investasi dari besaran dana yang Anda setorkan. Jadi jika ada kerugian, hal tersebut dapat mengurangi manfaat dana pensiun yang akan dapatkan nantinya.

BPJS Ketenagakerjaan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertugas melindungi seluruh pekerja melalui 4 program jaminan sosial ketenagakerjaan, salah satu programnya adalah dana pensiun.

Program dana pensiun BPJS Ketenagakerjaan ini bisa diikuti oleh karyawan yang bekerja di perusahaan swasta maupun mendaftar secara individu bagi pekerja lepas. Adapun manfaat dana pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai berikut:

  • Manfaat Pensiun Hari Tua
    Berupa Uang tunai bulanan yang diberikan kepada peserta (yang memenuhi iuran minimum 15 tahun yang setara dengan 180 bulan) saat memasuki usia pensiun sampai dengan meninggal dunia.
  • Manfaat Pensiun Janda/Duda
    Berupa Uang Tunai bulanan yang diberikan kepada janda/duda yang menjadi ahli waris (terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan) sampai dengan meninggal dunia atau menikah lagi.
  • Manfaat Pensiun Cacat
    Berupa Uang tunai bulanan yang diberikan kepada peserta(kejadian yang menyebabkan cacat total tetap terjadi paling sedikit 1 bulan menjadi peserta dan density rate minimal 80%).
  • Manfaat Pensiun Anak
    Berupa Uang tunai bulanan yang diberikan kepada anak yang menjadi ahli waris peserta (maksimal 2 orang anak yang didaftarkan pada program pensiun) sampai dengan usia anak mencapai 23 tahun.
  • Manfaat Pensiun Orang Tua
    Manfaat yang diberikan kepada orang tua (bapak/ibu) yang menjadi ahli waris peserta lajang

PT Taspen

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara.

Tidak sembarangan pihak dapat menjadi peserta dari PT Taspen karena lembaga pengelola dana pensiun ini milik pemerintah dan hanya dikhususkan bagi para pegawai negeri sipil.

Dengan menjadi pegawai negeri sipil, secara langsung Anda akan menjadi peserta dari PT Taspen. Prosesnya, akan ada potongan gaji yang telah diatur tiap bulannya sebagai persiapan dana pensiun Anda yang akan diurus dan dikelola oleh Taspen.

Badan Usaha Milik Negara ini dapat mengatur dan mengelola dana pensiun dari para pesertanya dengan dasar hukum yang jelas, yakni Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1969.

Dalam undang-undang tersebut diatur bahwa PT Taspen wajib mengelola dana pensiun pesertanya yang merupakan pegawai negeri sipil, untuk kemudian memberikan manfaat yang pasti setelah masa pengabdian peserta berakhir.

Besarnya manfaat pensiun telah dihitung berdasarkan rumus yang telah tertuang dan disepakati dalam pengaturan. Anda tidak perlu khawatir dana pensiun Anda lenyap di PT Taspen saat tengah diinvestasikan, sebab pihak yang menjadi penanggung risikonya adalah negara.

Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK)

Mungkin Anda pernah mendengar ada pensiunan yang mendapat dana pensiun ganda karena selain memperoleh dari lembaga pengelola wajib, ia juga mendapatkan sejumlah dana manfaat dari perusahaannya yang sifatnya sukarela. Pengelola dana pensiun perusahaan yang tidak wajib tersebut dikenal sebagai DPPK.

Tidak semua perusahaan menyediakan DPKK bagi para pegawainya. Karena berdasarkan ketentuan hukum yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992. Lembaga yang didirikan dan dikelola oleh pendiri perusahaan, tidak semua orang dapat bergabung dalam lembaga dana pensiun yang satu ini.

Pihak yang dapat pesertanya hanyalah para karyawan di kantor yang menyediakan DPPK, dapat swasta maupunan Badan Usaha Milik Negara. Contoh DPKK dapat Anda jumpai di Pertamina, Telkom, Astra, maupun Bank Mandiri.

Nilai manfaat yang akan diberikan kepada pegawai yang sudah pensiun bersifat pasti. Itu karena yang menjadi penanggung risiko kegiatan investasi dari pengelolaan dana pensiun tersebut bukanlah peserta, melainkan pendiri perusahaan.

PT Asabri

PT ASABRI (Persero) merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang Asuransi Sosial dan pembayaran pensiun khusus untuk Prajurit TNI, Anggota Polri, PNS Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan POLRI.

PT Asabri memiliki dasar hukum yang jelas dalam pengelolaan dana pensiun para pesertanya. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1969 ditambah Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 1971 dan Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 1991.

Melalui aturan tersebut, semua prajurit TNI dan Polri beserta pegawai lembaga pertahanan wajib menjadi peserta dana pensiun dari PT Asabri.

Pemerintah akan menjadi pihak yang menanggung risiko dari kegiatan investasi lembaga pensiun yang satu ini. Jadi, para peserta memiliki jaminan akan adaya manfaat pensiun yang pasti, yang diberikan secara berkala tiap bulannya sesuai pengaturan yang telah ada.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Article
Wewenang Otoritas Jasa Keuangan - OJK ,wewenang ojk brainly,wewenang ojk tentang pengawasan bank adalah,fungsi otoritas jasa keuangan,berikut ini merupakan wewenang ojk berkaitan dengan tugas pengawasan terhadap jasa keuangan adalah,otoritas jasa keuangan adalah,pengertian tujuan peran fungsi, tugas dan wewenang otoritas jasa keuangan,wewenang ojk dalam pengaturan dan pengawasan mengenai kesehatan bank adalah,yang bukan termasuk wewenang otoritas jasa,wewenang otoritas jasa keuangan,fungsi ojk brainly,otoritas jasa keuangan adalah,peran ojk,pengertian ojk,fungsi, tugas dan wewenang ojk,tuliskan wewenang ojk,tugas bank indonesia yang kini dilakukan oleh otoritas

Fungsi dan Tugas Otoritas Jasa Keuangan

Next Article
Transaksi keuangan perusahaan adalah?​,transaksi keuangan adalah,sahnya bukti transaksi adalah bukti transaksi yang berisi data tentang,rumusan persamaan dasar akuntansi adalah,menurut konversi pencatatan rekening, debit dan kredit berarti,posting adalah,yang dimaksud buku besar adalah,contoh transaksi keuangan perusahaan,format jurnal pembelian berisi kolom-kolom

Transaksi keuangan perusahaan adalah?​

Related Posts