Biaya balik nama mobil Bekas Yang harus kamu Ketahui

biaya balik nama mobil,biaya balik nama mobil gratis,rincian biaya balik nama mobil 2021,berapa biaya balik nama mobil 2021,biaya balik nama mobil gratis 2021,cek biaya balik nama mobil online,cara menghitung biaya balik nama mobil,biaya balik nama mobil lewat biro jasa
biaya balik nama mobil,biaya balik nama mobil gratis,rincian biaya balik nama mobil 2021,berapa biaya balik nama mobil 2021,biaya balik nama mobil gratis 2021,cek biaya balik nama mobil online,cara menghitung biaya balik nama mobil,biaya balik nama mobil lewat biro jasa

Berapa biaya balik nama mobil 2020 – 2021 ?

Besar BBN-KB di setiap daerah dapat berbeda-beda. Penerbitan STNK, TNKB, BPKB, dan Surat Mutasi: Besar biaya penerbitan STNK Rp200.000, TNKB Rp100.000, BPKB Rp375.000, dan surat mutasi Rp250.000. SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan): Untuk mobil pribadi besarnya Rp143.000.

Di Jakarta, biaya yang dibebankan kepada pemilik mobil bekas sebesar 1% dari harga beli mobil atau ⅔ dari jumlah PKB; SWDKLLJ: menurut kebijakan pemerintah, biaya yang perlu dibayarkan sebesar Rp143.000 untuk kendaraan non-angkutan umum.

Umumnya, proses balik nama atau mutasi memakan waktu sekitar satu bulan. Agar bisa lebih cepat, pemilik kendaraan biasanya membayar sejumlah uang kepada oknum petugas.

Biaya Mutasi Mobil dan cabut berkas Dilansir dari berbagai sumber, biaya untuk cabut berkas di Samsat asal sebesar Rp250.000. Setelah itu, pemilik kendaraan juga akan dipungut biaya kembali sebesar Rp375.000 ketika masuk ke Samsat di kota tujuan.

Setelah semua berkas diisi dengan lengkap dan benar, petugas akan memberikan tanda terima pembayaran pendaftaran mutasi motor sejumlah Rp 75 ribu dan untuk mobil mungkin lebih mahal.

Prosedur Balik Nama Mobil Bekas

Untuk menjalani proses balik nama, perlu AutoFamily ketahui bahwa balik nama mobil bekas maupun baru sama-sama dilakukan dalam dua tahap, yaitu pengurusan di Samsat tempat mobil terdaftar dan di tempat Anda berada. Selain itu, AutoFamily juga perlu mencari informasi terkait peraturan untuk balik nama mobil di tempat Anda. Mengapa demikian? Karena setiap daerah biasanya mempunyai syarat atau cara balik nama kendaraan yang berbeda-beda termasuk biaya balik nama mobil bekas.

Langkah pertama, Anda harus mengunjungi kantor Samsat di daerah domisili tempat mobil terdaftar. Setelah mengikuti beberapa prosedur, Anda bisa masuk ke langkah kedua, yaitu datang ke kantor Samsat sesuai domisili KTP.

Berikut prosedur balik nama mobil tahap pertama (tempat mobil Anda terdaftar):

  • Datangi Samsat di mana mobil Anda terdaftar.
  • Kunjungi loket cek fisik, petugas Samsat akan mengecek fisik mobil Anda termasuk bagian nomor rangka dan nomor mesinnya. Setelah itu Anda harus mengisi formulir yang diberikan sesuai dengan informasi yang tertera di STNK mobil.
  • Setelah itu berikan dokumen yang Anda bawa serta formulir ke petugas samsat untuk mutasi ke samsat tujuan sesuai dengan KTP. Petugas akan memberikan arsip yang berisi dokumen lengkap mobil.
  • Selanjutnya, balik nama mobil diurus ke Samsat tujuan Anda.

Tahap kedua merupakan prosedur balik nama mobil sesuai dengan KTP Anda:

  • Datangi samsat tujuan Anda.
  • Melakukan cek fisik kendaraan, petugas Samsat akan mengecek fisik mobil Anda. Pada saat yang bersamaan, Anda diharuskan mengisi dokumen yang diberikan dari loket 1.
  • Kumpulkan semua dokumen yang diperlukan dan serahkan ke petugas Samsat. Lalu, lanjutkan ke loket mutasi BPKB.
  • Isi formulir yang diberikan dan sertakan fotokopi KTP dan lunasi biaya mutasi balik nama mobil.
  • Serahkan dokumen formulir yang telah diisi dan bukti pembelian mobil Anda ke loket BPKB Online. Anda akan mendapatkan tagihan BPKB Online yang harus dilunasi.
  • Simpanlah bukti pembayaran BPKB Online dan jangan sampai hilang.
  • Lanjutkan ke loket pembayaran untuk membayar biaya STNK dan simpanlah bukti pembayarannya.
  • Kembali ke loket BPKB Online untuk menyerahkan fotokopi STNK dan fotokopi pembayaran pajak STNK
  • Setelah itu, serahkan fotokopi STNK dan pembayaran pajak STNK ke loket Plat Nomor. Anda akan diberikan plat nomor baru.

Dokumen yang Wajib Dibawa

Dalam seluruh proses prosedur mutasi dan balik nama mobil bekas, Anda jangan sampai lupa membawa beberapa dokumen. Ada KTP asli & fotokopi, kuitansi pembelian mobil bekas & versi fotokopi yang sudah dilengkapi materai Rp6.000, serta BPKB asli dan fotokopi. Dengan membawa seluruh berkas ini selama proses yang ada, maka semua bisa berjalan lancar.

Simulasi biaya balik nama mobil dan mutasi

Masih diambil dari sumber yang sama, selanjutnya kita akan melihat simulasi perhitungan biaya mutasi dan balik nama mobil bekas. Biar contoh perhitungannya lebih mudah dimengerti, kita anggap tidak ada denda pajak yang perlu dibayarkan. Kemudian untuk harga mobilnya diasumsikan senilai Rp100.000.000.

  1. BBN-KB (1% x harga baru) = Rp1.000.000
  2. Biaya SWDKLLJ = Rp143.000
  3. Biaya penerbitan STNK = Rp200.000
  4. Biaya penerbitan TNKB = Rp100.000
  5. Biaya BPKB =Rp375.000
  6. Biaya surat mutasi = Rp250.000
  7. Biaya pendaftaran = Rp100.000

Dengan rincian di atas total dana yang harus disiapkan untuk biaya mutasi dan balik nama  mobil bekas adalah Rp2.168.000. Untuk diingat, jumlah dana tersebut pastinya akan berbeda-beda untuk setiap jenis kendaraan dan daerahnya. Tapi diharapkan kamu bisa memiliki gambaran cara menghitung dan jenis-jenis tagihannya.

Cara dan syarat balik nama mobil tahun 2020

Hal penting lainnya yang perlu kamu ketahui adalah cara dan syarat balik nama mobil itu sendiri. Untuk syarat-syarat yang perlu kamu siapkan adalah sebagai berikut:

  1. KTP pemilik baru mobil (asli dan fotocopy)
  2. STNK asli dan fotocopy
  3. BPKB asli dan fotocopy
  4. Kwitansi pembelian yang ditandatangani penjual dan pembeli di atas materai Rp6.000

Sedangkan langkah-langkah pengurusannya bisa kamu simak di bawah ini:

  1. Datang ke kantor Samsat sesuai wilayah KTP kamu
  2. Melakukan cek fisik kendaraan
  3. Melakukan pendaftaran dan proses proses pembayaran
  4. Lalu tinggal menunggu STNK, BPKB, dan TNKB yang baru selesai

 

 

 

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *