Cara Mengemudikan Mobil Matic Untuk Pemula

cara mengemudi mobil matic avanza,cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet,cara mengendarai mobil matic honda jazz,cara belajar mobil matic pemula,cara mengendarai mobil matic innova,jenis mobil matic,cara mengendarai mobil matic di tol,cara pindah gigi mobil matic saat jalan
cara mengemudi mobil matic avanza,cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet,cara mengendarai mobil matic honda jazz,cara belajar mobil matic pemula,cara mengendarai mobil matic innova,jenis mobil matic,cara mengendarai mobil matic di tol,cara pindah gigi mobil matic saat jalan

Cara Mengemudikan Mobil Matic Untuk Pemula

Mobil dengan teknologi matic yang merupakan kependekan dari automatic. Dengan teknologi yang canggih, sederhana dalam pengoperasiannya dan tingkat keamanan yang lebih tinggi bagi penggunanya. Sebelum mempelajari cara mengemudi mobil matic, sebaiknya ketahui beberapa fakta tentang mobil matic berikut ini:

  1. Mobil matic tidak akan hidup mesinnya jika posisi tuas tidak di P.
  2. Saat di jalan macet dan mesin mati, mobil tetap diam. Tidak meloncat seperti jika menggunakan transmisi manual, saat mengganti tuas ke netral.
  3. Mobil tidak mundur saat mesin mati ditanjakan, sehingga penumpang tetap tenang.
  4. Konsentrasi saat nyetir cukup pada monitor di bawah kemudi, yang menunjukkan kecepatan lari kendaraan, menunjukkan posisi persenelling, lampu, tangki bahan bakar maupun temperature mesin.

Tuas-tuas Mobil Matic

Setelah mengetahui beberapa fakta mengenai mobil matic diatas, Sahabat akan lebih memahami cara belajar mobil matic dengan baik. Mobil bertransmisi manual dengan mobil bertransmisi matic terdapat beberapa perbedaan. Perbedaan paling mendasar antara mobil transmisi manual dengan matic adalah pada jumlah pedalnya. Transmisi manual memiliki 3 pedal, sementara matic memiliki dua pedal. Selain itu mobil matic memiliki tuas-tuas yang akan dijelaskan lebih lengkapnya dibawah ini yaitu:

  1. P (park) = tuas P ini untuk posisi parkir atau bisa digunakan pada jalanan macet hingga berhenti yang diperkirakan akan lama misalnya 10 menit. Pastikan tuas persenelling berada pada posisi P, saat mobil sedang dalam keadaan berhenti.
  2. R(return) = tuas R digunakan untuk mundur.
  3. N (neutral) = tuas N digunakan jika jalanan macet hingga berhenti sehingga pengemudi tidak capek.  Saat N perlu dibantu dengan rem tangan agar kendaraan benar-benar berhenti. Pada posisi ini kaki lepaskan dari pedal rem maupun gas.
  4. D(drive) = tuas D untuk maju.  Drive ini terdiri dari D1, D2 dan D3.  D2 dan D1 digunakan jika kecepatan kendaraan rendah lajunya.

Pastikan  tuas pada posisi P, injak pedal rem dan nyalakan mesin. Biarkan beberapa saat, agar mesin mobil cukup panas. Lalu arahkan tuas ke D1 jika ingin maju, atau ke R jika ingin mundur, sambil menginjak pedal rem. Pelan-pelan, pijakan pada rem diangkat sedikit demi sedikit agar kendaraan bergerak. Baru kemudian gas diinjak untuk meningkatkan kecepatannya.

Geser tuas ke D1, D2 atau D3 sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Saat di jalan menanjak, geser tuas ke posisi L. Biasakan menginjak pedal rem, saat menggeser tuas. Salah satu keunggulan mobil sekarang, adalah pengunci pintu yang otomatis bekerja ketika tuas digeser ke D. Demikian juga untuk pengaturan posisi kaca samping (spion) bisa diatur melalui tombol yang berada disekitar pintu pengemudi. Kecanggihan lainnya dari mobil otomatis ini sekarang terdapat beberapa tombol yang dipasang pada jari-jari kemudi, misalnya untuk setel radio/TV/Audio lengkap pula dengan tombol volumenya.

Bagaimana, tertarik untuk memiliki mobil matic? Kelihatannya tidak susah mengemudikannya, ya? Setelah mempelajari cara mengemudi mobil matic, apakah Sahabat mau berganti mobil? Nah, makin canggih teknologinya makin mudah mengendarainya, makin tinggi rasa amannya.  Namun demikian, kita tetap berdoa, pengendalian diri tetap harus kuat walaupun dalam keadaan terburu-buru.

Cara Menyetir Mobil Matic bagi Pemula

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Sahabat menyetir mobil matic untuk pertama kali atau bagi Sahabat yang masih tergolong pemula.

1. Pastikan Tuas Berada Dalam Posisi P atau Parkir

Cara mengemudi mobil matic bagi pemula adalah dengan memastikan tuas berada di posisi yang benar. Sebelum menyalakan mobil, posisi tuas ini harus ada di posisi P, atau bisa juga pada posisi N. pastikan tuas tidak sedang berada di posisi reverse atau R. posisi ini berarti mundur. Mobil matic sendiri hanya akan bisa dihidupkan jika posisi tuas berada di posisi N atau P.

2. Jangan Langsung Hidupkan Mesin

Ketika Sahabat memasukan kunci pada lubangnya, sebaiknya jangan langsung menyalakan mesin. Namun, pastikan untuk menunggu sampai jarum berputar dan indikator telah aktif atau menyala. Pada beberapa jenis mobil matic biasanya untuk memberi Sahabat indicator telah menyala dan kelistrikan sudah hidup maka mobil akan memberikan suara. Jika semua indikator tersebut sudah aktif, maka Sahabat sudah bisa menyalakan mesin mobil Sahabat tersebut.

3. Injak Pedal Rem Saat Starter

Untuk beberapa mobil matic tertentu mesin mobil tidak akan berada pada posisi hidup jika Sahabat tidak menginjak serta menekan pedal bagian rem. Oleh sebab itu, sebaiknya ketika Sahabat menstarter mobil langsung saja menginjak rem. Namun pada beberapa mobil matic, cara ini tidak diperlukan. Jadi pastikan Sahabat mengetahui jenis kendaraan Sahabat.

4. Menekan Pedal Rem Saat Memindahkan Tuas

Ketika mesin sudah dapat menyala, maka langkah selanjutnya yang perlu Kamu lakukan adalah memindahkan tuas yang semula berada pada posisi P atau N, dipindahkan ke posisi juas R atau D. namun ketika Sahabat memindahkan tuas pada persneling, lebih baik untuk dibarengi dengan menekan pedal bagian rem. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya resiko kerusakan pada mesin mobil matic.

5. Pahami Fungsi Tuas Transmisi

Tuas transmisi atau yang juga disebut sebagai perseling adalah komponen yang sangat penting pada mobil. Pada umumnya mobil matic sendiri memiliki beberapa pengaturan transmisi seperti P, D, R, N, M. pastikan Sahabat memahami betul dari setiap fungsi transmisi tersebut sehingga ketika mengendarai mobil matic akan jauh lebih aman sekaligus supaya Sahabat tidak melakukan kesalahan ketika memindahkan gigi pada transmisi ini.

6. Gunakan Mode Berkendara

Kini berbagai mobil matic bahkan sudah dilengkapi dengan riding mode. Sahabat bisa memilih mode yang sesuai salah satunya adalah mode ekonomis. Mode yang satu ini cocok sekali untuk Sahabat yang ingin berkendara dengan lebih santai menggunakan mobil matic. Jika Sahabat ingin berkendara dengan kecepatan yang lebih tinggi, Sahabat bisa menggunakan mode sport. Mode yang satu ini akan membuat performa mesin mobil menjadi lebih maksimal.

7. Menggunakan Transmisi Manual

Pada umumnya, mobil matic juga dilengkapi dengan adanya mode manual. cara mengoperasikannya pun begitu mudah. Sahabat bahkan tidak perlu untuk melakukan perpindahan gigi serta menginjak kopling. cara mengoperasikan transmisi manual ini adalah dengan memindahkan posisi tuas transmisi pada mode manual atau yang disimbolkan dengan M. jika Anda ingin berpindah gigi, Anda hanya perlu menggeser tuas (+) yang berarti menambah gigi, atau menggeser tuas (-) yang berguna untuk mengurangi gigi. Untuk menggunakan mode ini, Sahabat perlu menekan pedal rem.

 

Total
0
Shares
17 comments
  1. Timing, wrong thoughts and all the rest. Change the name Bacon and put in spanky. spanky is no different from Bacon. Imagine that from a Trump fish. Victoria Aguie Margherita

  2. Hi to all, how is all, I think every one is getting more from this web site, and your views are pleasant in favor of new visitors. Jackqueline Dov Rolfe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *