Contoh studi kelayakan bisnis | Contoh studi kelayakan bisnis

Contoh studi kelayakan bisnis – adalah suatu kegiatan yang mempelajari secara mendalam tentang suatu usaha atau bisnis yang akan dijalankan, dalam rangka menentukan layak atau tidak usaha tersebut dijalankan.
Beberapa topik contoh studi kelayakan bisnis yang sering di angkat di antaranya ialah bisnis ice cream,bisnis perusahaan,bisnis cafe,bisnis keripik singkon,contoh kasus studi kelayakan bisnis,bisnis coklat,bisnis usaha baju.
Melakukan studi kelayakan bisnis atau yang biasa disebut sebagai feasibility study setidaknya merupakan hal paling dasar yang harus diketahui. Jangan sampai bisnis yang akan kita inisiasi sebenarnya tidak dibutuhkan oleh calon konsumen kita.
Studi kelayakan bisnis pada dasarnya bisa dilakukan dengan meninjau setiap aspek yang terlibat dalam proses bisnis. Metode peninjauan ini yang biasanya terbagi menjadi dua cara, pertama dengan membuat rencana bisnis (bisnis plan) atau dengan bisnis model canvas.
Contoh studi kelayakan bisnis

Studi Kelayakan Bisnis dengan Bisnis Plan

Sadar atau tidak, rencana bisnis/proposal bisnis yang biasanya ditujukan ke calon investor sebenarnya merupakan alat untuk menguji apakah suatu ide bisnis layak atau tidak. Oleh karenanya, sebuah proposal bisnis yang baik seharusnya dapat meninjau sebuah ide bisnis dari berbagai aspek, diantara yang pokoknya ialah:
  • Aspek legalitas
  • Aspek lingkungan
  • Aspek pasar dan pemasaran
  • Aspek teknis (teknologi)
  • Aspek finansial
  • Aspek sumber daya manusia

Contoh Studi Kelayakan Bisnis Perusahaan || Perkebunan Teh

Latar Belakang

Teh merupakan minuman berkafein yang diolah dengan cara menyeduh bagian pucuk atau tangkai daun yang telah dikeringkan. Beberapa jenis teh yang beredar di masyarakat adalah teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.
Teh hijau adalah salah satu dari hasil perkebunan Indonesia yang memiliki manfaat sangat besar. Teh hijau dengan nama Latin Camelia sinensis ini dapat tumbuh didaerah beriklim tropis dengan ketinggian 200-2000 meter diatas permukaan laut. Teh hijau banyak digunakan sebagai alternatif pengobatan secara herbal. Besarnya efek samping yang ditimbulkan oleh terapi farmakologis, membuat pengobatan secara alternatif ini sangat banyak dilakukan.
Teh hijau dikenal mengandung antioksidan sangat tinggi yang mampu memberikan perlawanan terhadap radikal bebas. Selain itu, teh hijau juga dikenal sebagai antikanker,  antimikroba, menurunkan  kolesterol  darah,  mengurangi  gula  darah, mencegah  arthritis,  mencegah  kerusakan  hati,  mencegah  gigi  berlubang, mencegah resiko keracunan makanan dan sebagai penurun berat badan.

Potensi Usaha

Memperhatikan mengenai permintaan teh hijau dalam bentuk serbuk yang dimasa sekarang sedang trend dan permintaan dapat dikatakan meningkat. Permintaan yang dapat langsung dikonsumsi sendiri ataupun di olah sebagai tambahan dari bahan baku suatu makanan atau minuman. Usaha ini juga dapat memberdayakan para petani teh yang ada di sekitaran pabrik, sehingga mencari supply teh yang baik untuk dijadikan bahan baku dalam jangka pendek maupun panjang.
Peluang yang didapatkan ialah belum banyak pabrik yang mengelola teh biasa menjadi powder, maka dari itu usaha ini dapat dikembangkan lebih meningkat agar dapat memenuhi permintaan.

Gambaran usaha

Dengan melihat keadaan pasar untuk produk nature tea powder saat ini masih dikenal baru sehingga peluangnya masih terbuka terlebih untuk ditawarkan kepada para industri yang akan menggunakan bahan tambahan teh powder ini. Pesaing dari beberapa perusahaan yang mengelola produk yang sama dapat dikatakan masih sedikit sehingga peluang pasar masih dapat dikatakan banyak, akan tetapi beberapa perusahaan yang menjual produk sejenis telah dikenal jauh lebih dulu. Dengan begitu nature tea powder akan tetap bersaing secara sehat dan akan memperhatikan bahan baku derta kualitas yang terbaik untuk di pasarkan.

ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

  1. Permintaan pada saat ini
Dalam perkembangan teh hijau pada saat ini sedang berada dipuncak populer, dalam artian konsumsi teh hijau di Indonesia sedang meningkat. Teh merupakan salah satu komoditas yang disukai oleh masyarakat Indonesia, dari berbagai tingkat usia. Pada saat ini tingkat usia dari 16 hingga 25 tahun lebih menyukai Teh hijau, terlebih teh yang siap saji atau sudah berbentuk minuman. Teh hijau saat ini juga menjadi lifestyle (perkembangan gaya hidup) dari berbagai kalangan masyarakat, karena teh hijau ini dapat di campurkan dengan berbagai jenis makanan ataupun minuman sehingga menjadi khas dan lebih diminati.
  1. Prospek Permintaan ke depan
Perkembangan gaya hidup akan terus berkembang hingga kapanpun, selagi manusia dapat meningkatkan inovasi terhadap suatu produk yang dapat memikat konsumen. Semakin majunya teknologi, maka tidak sedikit orang yang lebih mementingkan kesehatannya, dengan memilih produk yang berkualitas, bagus dan terjamin dari segi manfaat, kehalalan, dan keamanannya.
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *