Macam Macam Posisi Pemain Bola Voli Beserta Tugasnya

posisi 1 pada permainan bola voli yaitu,pemain yang menempati posisi manakah yang bisa melakukan block dalam permainan bola voli,posisi pemain depan berada pada,jumlah pemain bola voli,permainan bola voli diciptakan oleh,posisi 3 pada permainan bola voli yaitu,sebutkan posisi-posisi permainan bola voli,teknik dasar bola voli
posisi 1 pada permainan bola voli yaitu,pemain yang menempati posisi manakah yang bisa melakukan block dalam permainan bola voli,posisi pemain depan berada pada,jumlah pemain bola voli,permainan bola voli diciptakan oleh,posisi 3 pada permainan bola voli yaitu,sebutkan posisi-posisi permainan bola voli,teknik dasar bola voli

Bola voli adalah permainan antara 2 grup pemain dengan luas lapangan tertentu dan dipisahkan oleh net atau jaring. Untuk mendapatkan poin pain harus bisa menjatuhkan bola ke daerah lawan atau bisa mendapatkan poin jika lawan melakukan kesalahan yaitu mengeluarkan bola dari lapangan.

Mengetahui nama-nama posisi pemain bola voli ini juga cukup penting bagi mereka yang ingin mendalami permainan bola voli. Jadi di artikel kali ini saya akan jelaskan nama-nama pemain bola voli beserta tugasnya.

Posisi Pemain Bola Voli Beserta Tugasnya

1. Server

Server adalah posisi pemain yang bertugas untuk melakukan servis. Setelah melakukan servis pemain ini juga akan bertugas sebagai defender/libero. Servis ialah penyajian bola pertama saat permainan dimulai.

2. Spiker atau Smasher

Posisi spiker atau smasher ini berada di samping tosser.

Dengan posisinya yang berada di depan, spiker ini juga memiliki tugas yang sama seperti tosser yaitu melakukan blok bola atau membendung bola dari serangan lawan. Tapi seperti namanya juga, smasher bertugas untuk melakukan serangan untuk mendapatkan poin dengan melakukan smash.

Smash adalah pukulan keras yang dilakukan oleh pemain dengan tujuan pemain lawan tidak dapat menerima bola dan bola jatuh ke daerah lawan.

Jadi di posisi spiker, pemain ini memiliki tugas ganda yaitu sebagai pertahanan sekaligus penyerang.

3. Tosser atau set-upper

Tugas tosser atau set-upper ini adalah untuk mengatur serangan yang dilakukan oleh tim. Jadi yang berhak menentukan dan memberi komando untuk melakukan serangan adalah tosser.

Untuk menduduki posisi tosser, pemain harus dapat memberikan umpan yang baik kepada temannya. Jika umpan yang diberikan baik maka serangan yang akan dilakukan oleh teman akan baik dan juga ampuh

4. Defeder/libero

Diposisi permainan bola voli, libero bertugas untuk menahan dan menerima serangan dari musuh. Selain itu posisi libero juga berkewajiban untuk menerima bola pertama untuk diberikan kepada tosser.

Pemain yang menempati posisi libero harus benar-benar menguasai passing atas dan passing bawah. Posisi liberi bebas keluar masuk tetapi tidak boleh membantu blocking ataupun melakukan smash.

Berikut cara melakukan rotasi dalam permainan bola voli.

1. Mengetahui Posisi Pemain di Lapangan

Lapangan voli dibagi menjadi dua baris. Setiap tim yang terdiri dari enam orang akan mengisi masing0masing baris tersebut.

Setiap pemain di dalam tim memiliki nama dan posisinya sendiri yang berbeda-beda.

Posisi peain di lapangan sangat menentukan rotasi yang akan dilakukan.

Berikut merupakan posisi-posisi pada pemain bola voli:

  1. Posisi 1 berada di kanan belakang.
  2. Posisi 2 berada di kanan depan.
  3. Posisi 3 berada di tengah depan.
  4. Posisi 4 berada di kiri depan.
  5. Posisi 5 berada di kiri belakang.
  6. Posisi 6 berada di tengah belakang.

2. Mengetahui Peran Masing-masing Pemain di Dalam Tim

Cara melakukan rotasi pada permainan bola voli selanjutnya adalah mengetahui peranan.

Setiap pemain di dalam tim memiliki perannya masing-masing dengan posisi di lapangan yang akan berubah setiap kali melakukan rotasi.

Peran pemain di dalam tim tidak akan berubah meskipun telah melakukan rotasi.

Berikut ialah peranan masing-masing pemain bola voli.

  1. Tosser atau set-upper berperan mengatur serangan dari tim.
  2. Smasher berperan melakukan serangan atau pukulan smash untuk menambah point dalam tim.
  3. Libero berperan sebagai penerima dan penahan serangan lawan.
  4. Defender berperan sebagai pemain bertahan yang menerima serangan dari lawan.

3. Mengetahui Waktu yang Tepat Untuk Melakukan Rotasi

Rotasi dalam bola voli dilakukan searah dengan perputaran jarum jam. Rotasi dilakukan ketika tim penerima mendapatkan tugas untuk melakukan server.

Setelah posisi 1 melakukan servis, ia berpindah ke posisi 6, kemudian ke posisi 5, ke posisi4, ke posisi 3, dan ke posisi 2.

Satu hal yang perlu kamu ketahui, dalam rotasi setiap pemain harus melakukan rotasi satu kali setelah timnya menerima server.

Rotasi selanjutnya pemain akan berputar ketika sesudah tim lain mendapat bola dan kehilangan point.

4. Mengetahui Waktu yang Tepat Untuk Melakukan Pergantian

Pergantian dalam permainan bola vol ini ditentukan oleh kemampuan ddan posisi pemain bola voli.

Seorang pemain baris depan kemungkinan akan digantikan oleh pemain baris belakang saat berada di posisi kanan belakang, pemain diperbolehkan menjadi server sebelum digantikan oleh pemain lain.

Pemain baris belakang kemungkinan akan digantikan oleh pemain baris depan saat pemain depan berada di kiri depan lapangan.

5. Mengetahui Gerakan yang Dibolehkan Setelah Melakukan Rotasi

Seorang pemain boleh bergerak ketika sevis sudah berinteraksi dengan bola untuk mengoptimalkan posisi pemain tersebut.

Jika pemain tersebut seorang tosser, ia dapat bergeser ke kiri depan sesudah server membuat kontak. Hal tersebut juga berlaku untuk posisi selain tosser.

Yang perlu diketahui adalah pemain tidak boleh bergerak sebelum bola dipukul server (bola mati), jika bergerak sebelum bola dipukul (servis) maka akan terjadi foul.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *