Tolak peluru termasuk cabang olahraga – Pengertian dan Penjelasan

tolak peluru termasuk cabang olahraga atletik nomor,tolak peluru adalah,tolak peluru termasuk olahraga nomor,cara melakukan tolak peluru,tujuan tolak peluru adalah,pengertian tolak peluru,peraturan tolak peluru,teknik dasar tolak peluru
tolak peluru termasuk cabang olahraga atletik nomor,tolak peluru adalah,tolak peluru termasuk olahraga nomor,cara melakukan tolak peluru,tujuan tolak peluru adalah,pengertian tolak peluru,peraturan tolak peluru,teknik dasar tolak peluru

Atletik adalah cabang olahraga atau aktivitas fisik dengan semua unsur yang ada Di Olahraga Tolak peluru termasuk dalam nomor lempar.

Tolak peluru termasuk cabang olahraga Atletik

tolak peluru termasuk cabang olahraga atletik nomor,tolak peluru adalah,tolak peluru termasuk olahraga nomor,cara melakukan tolak peluru,tujuan tolak peluru adalah,pengertian tolak peluru,peraturan tolak peluru,teknik dasar tolak peluru
tolak peluru termasuk cabang olahraga atletik nomor,tolak peluru adalah,tolak peluru termasuk olahraga nomor,cara melakukan tolak peluru,tujuan tolak peluru adalah,pengertian tolak peluru,peraturan tolak peluru,teknik dasar tolak peluru

Tolak peluru merupakan salah satu cabang olah raga dimana seorang atlit perlu melatih tenaga lempar dengan benda yang berat. Ini adalah acara trek dan lapangan. Tendangan peluru pria hadir sejak dimulainya Olimpiade Modern 1896. Wanita melakukan debut mereka di Tolak peluru di Olimpiade 1948.

Tolak peluru dimainkan dengan objek bola berat yang dikenal sebagai shot . Tujuannya adalah untuk melempar bola sejauh mungkin melalui aksi mendorong. Ini membutuhkan kekuatan otot yang luar biasa dan keseimbangan yang baik pada tubuh Anda. Dalam tutorial ini, kita akan membahas teknik dasar dan metode bermain Tolak peluru.

Tembakan

Sejarah Singkat Tolak peluru

Sejarawan menggambarkan bahwa petunjuk pertama dari olahraga ini terlihat di Dataran Tinggi Skotlandia selama abad pertama. Homer , seorang penyair Yunani kuno yang hebat dan penulis puisi epik seperti lliad dan Odyssey , telah menyebutkan kompetisi melempar batu oleh tentara selama pengepungan troy. Namun, di abad pertengahan, sekilas tembakan modern baru terlihat ketika para prajurit memulai kompetisi dengan melemparkan bola meriam.

Di awal abad ke -19, olahraga ini sebenarnya mulai menjadi bagian dari kompetisi lokal. Pada tahun 1866, itu dimainkan sebagai acara di Kejuaraan Amatir Inggris. Sekarang aturan tolak peluru diatur oleh IAAF (Asosiasi Internasional Asosiasi Atletik) dan WMA (Atletik Master Dunia).

Negara yang Berpartisipasi

Tolak peluru hadir di bawah acara track and field job. Sejak diperkenalkan ke Olimpiade modern pada tahun 1896, popularitas olahraga ini tumbuh secara eksponensial di berbagai negara. Banyak negara Asia dan Non-Asia yang berpartisipasi aktif dalam olahraga ini. Daftar dari beberapa negara Asia yang mendominasi utama termasuk Cina, Arab Saudi, Thailand, India, Kazakhstan, Korea dll. Pada Asian Games 2014, Sultan Al-Hebshi dari Arab Saudi mengantongi medali emas di kategori putra dan Sui Xinmei dari China mengantongi emas medali dalam kategori wanita.

Demikian pula banyak negara non-Asia telah menunjukkan bakat mereka dalam acara-acara seperti Olimpiade Musim Panas. Negara-negara seperti, AS, Polandia, Finlandia, Jerman, Kanada, dll mendominasi kompetisi. Di Olimpiade Musim Panas 2012, Tomasz Majewski dari Polandia mengantongi medali emas di kategori putra, sementara Valerie Adams dari Selandia Baru mengantongi emas di kategori wanita.

Tolak peluru – Dasar-dasar

Dalam bab ini, kita akan mempelajari aspek paling mendasar dari lemparan Tolak peluru.

Keseimbangan

Jika keseimbangan yang tepat tidak dapat dipertahankan, itu akan menghambat hasil akhir. Kehilangan keseimbangan dapat menyebabkan penurunan akselerasi dan mengurangi gaya aplikasi pada bola.

Perhatian yang tepat harus diberikan pada poin-poin berikut –

  • Pusat massa pelempar (kaki, kepala, batang tubuh, pinggul, lengan)
  • Dasar dukungan pelempar
  • Arah perjalanan yang diinginkan

Arah

Seorang atlet harus memahami jalur perjalanan di sepanjang lingkaran. Tidaklah cukup penting untuk mengetahui ke mana bola Anda akan mendarat; Sebaliknya, penting untuk memahami arah gerakan pusat massa tubuh Anda.

Akselerasi / Kecepatan

Alih-alih akselerasi mendadak, implementasi harus dilakukan dengan mulus dengan peningkatan kecepatan bertahap. Berawal dari profil kecepatan rendah, percepatan harus ditingkatkan secara bertahap hingga mencapai kecepatan penuh yang dapat melempar bola dengan gaya sedemikian rupa sehingga bola akan ditempatkan di zona yang diinginkan. Melalui latihan bertahap, itu harus dikuasai. Jika kecepatan atau akselerasi akan terlalu melebar maka hal itu dapat menghambat elemen kunci lainnya dari olahraga ini.

Irama

Dengan gerakan aksi melempar, ritme harus dijaga. Tujuannya adalah untuk tetap konstan terlepas dari kecepatan atau percepatan lemparan. Ini seharusnya tidak berubah dengan bertambah atau berkurangnya kecepatan lemparan. Karena tekanan persaingan, ritme sering terhambat. Namun, dengan penggunaan rhythmic cueing, gerakan dapat dipelajari dengan cepat dan juga dapat digunakan untuk menstabilkan tubuh.

Tolak peluru – Teknik Meluncur

Terlepas dari gaya tradisional, gaya rotasi baru diperkenalkan dalam olahraga karena popularitasnya meningkat. Metode spin juga diperkenalkan kemudian. Teknik meluncur juga menjadi bagian dari ini dan segera menjadi sangat populer.

Mekanisme Mencengkeram

Hal utama yang harus dikuasai dalam hal ini adalah penempatan pegangan. Tembakan pertama harus dilakukan di bantalan atas tangan. Penyesuaian jari merupakan faktor penting lainnya. Semua jari harus diletakkan di atas bidikan. Merupakan praktik umum untuk memposisikan bidikan dengan aman di bawah dagu. Posisinya tepatnya di titik awal rahang dan tepat di bawah telinga.

Teknik Memulai

Umumnya ada dua jenis teknik awal yang dapat diterapkan. Mereka adalah –

  • Mulai berjongkok
  • T dan Miring T mulai

Stabilitas yang lebih besar atas kinerja dapat dicapai melalui mulai berjongkok . Konsistensi juga akan terjadi dalam kinerja yang merupakan faktor bonus. Tetapi untuk melatih jenis permulaan ini, Anda membutuhkan kekuatan yang baik untuk melatih kaki Anda. Start T dan Slant T memberikan konversi kecepatan yang baik melalui perpindahan mekanis.

Dalam metode awal jenis ini, kita sebenarnya melakukan perpindahan vertikal benda dan mengubahnya menjadi kecepatan horizontal melintasi ring. Seorang atlet membutuhkan konsistensi teknis untuk ini. Tingkat waktu yang sempurna juga diperlukan untuk mengeksekusinya dengan sempurna.

Teknik Memulai

Perpanjangan Kaki

Untuk memproyeksikan bola sepenuhnya dalam posisi tegak mulai dari bawah, atlet perlu meregangkan kakinya sepenuhnya ke arah dan sudut yang sesuai. Ini harus ditempatkan di sisi belakang lingkaran dan jika memungkinkan harus dibeli ke arah tengah lingkaran. Saat meregangkan kaki ekstensi dan kaki penggerak, perut bagian bawah harus bersentuhan dengan paha atas. Mari kita bahas beberapa poin penting tentang kaki ekstensi.

Selama tahap dukungan tunggal awal, seorang atlet harus menyeimbangkan posisinya dan gerakan awal dengan menggunakan kaki bebas. Harus ada posisi fleksi yang identik antara kaki bebas dan kaki pendukung. Untuk membuat target kaki ekstensi lebih tinggi, seseorang harus menurunkan Pusat Massa di bawah penyangga kuda-kuda di bagian belakang wilayah melingkar. Perpanjangan kaki gratis harus ditargetkan di antara jarak tertentu. Ini biasanya dari papan kaki (0 inci) hingga 18 inci.

Saat kita melakukan perpanjangan penuh kaki kita, paha belakang menyimpan energi elastis. Ini berguna dalam pemulihan kaki penggerak di tengah lingkaran. Di bagian belakang lingkaran, tinggi CMT menentukan tinggi ekstensi kaki bebas.

Kaki Ekstensi

Sekarang mari kita pelajari beberapa aspek penting tentang arah kaki ekstensi, karena ini akan menentukan arah garis lempar.

  • Perpanjangan harus dibuat bersama dengan garis sektor kiri.
  • Mengendarai kaki bebas dengan lurus melintasi lingkaran adalah cara pengobatan lain yang lebih baik untuk kaki ekstensi. Selama waktu ini, gerakan kaki pendukung Anda harus mengarah ke sisi kanan lingkaran dengan melalui garis tengah.
  • Dalam setiap teknik, posisi kaki dalam lingkaran terus berubah-ubah. Namun, keselarasan sumbu pinggul dan bahu harus tetap sejajar dengan kaki.
  • Untuk perataan standar, tumit kaki kaki ekstensi harus sejajar dengan garis sektor kiri.
  • Untuk perataan non-standar, ujung kaki ekstensi harus sejajar dengan garis tengah lingkaran.

Tolak peluru – Gaya Rotasi

Tentang Penempatan dan Pegangan

Tembakan harus dilakukan di bantalan atas tangan. Jari-jari harus diletakkan dekat dengan tembakan. Pemosisian bidikan umumnya dipertahankan di belakang ujung rahang dan di bawah telinga oleh pemintal. Jenis pemosisian tembakan ini diperlukan untuk melawan gaya sentrifugal yang mencoba menarik tembakan menjauh dari leher pelempar.

Posisi Awal Ganda

Pemosisian awal dalam jenis metode awal ini mirip dengan lemparan cakram. Fase dukungan tunggal harus dimulai dari teknik dukungan ganda yang layak. Untuk membangun dukungan dinamis, CM harus ditempatkan di atas dasar dukungan tunggal. Posisi pinggul dan bahu penting selama fase ini. Mereka harus tetap dalam posisi horizontal terhadap satu sama lain.

Fase Dukungan Tunggal Pertama

Dalam hal ini, kita harus berkonsentrasi pada dua aspek dengan sangat hati-hati dan mereka –

  • Mendorong atau mendukung aksi kaki
  • Gerakan ayunan atau kaki bebas

Inisiasi dari kaki pendukung penting saat pemain berbaris ke arah lemparan. Kaki harus didorong keluar fase dengan kekuatan yang berlebihan. Dorongan dari fase penggerak ini ditandai lebih kecil dibandingkan dengan teknik diskus.

Dalam kasus aksi kaki bebas, aksi mengayunkan kaki harus dilakukan dengan cara yang agresif dan dominan sebagai permulaan dari penyangga tunggal. Ini berarti tindakan mengayun harus dilakukan setelah kaki membersihkan ring. Kaki yang berayun menciptakan impuls, yang pada gilirannya menciptakan gaya dan merupakan faktor terpenting dalam pelemparan gaya rotasi. Ini juga tergantung pada pergerakan torsi dan lemparan.

Fase Non-Dukungan

Setelah menyelesaikan dorongan, kaki penggerak harus ditambahkan. Pelempar juga harus ingat bahwa setelah mengayunkan kaki, kaki tersebut harus dibalik secara aktif. Dalam kasus tidak ada dukungan untuk membantu rotasi atlet, pemendekan lengan bebas harus dilakukan. Jika tidak, Anda dapat mempertahankan posisi yang telah Anda capai di akhir dukungan fase tunggal jika terjadi dukungan non-fase. Sekarang mari kita bahas tentang kontak kembali fase dukungan tunggal kedua.

Hubungi Ulang Fase Dukungan Tunggal Kedua

Sumbu kaki harus dipertahankan dalam kisaran 270-315 derajat. Untuk mengurangi gesekan, penyambungan kembali kaki ayun dilakukan melalui soft turning. Jenis gerakan ini juga membantu dalam menciptakan refleks dan peregangan jika kaki bebas bergerak. Untuk memperlambat tubuh bagian atas, lengan bebas harus bergerak keluar dari tubuh dengan cara mempertahankan torsi antara sumbu bahu dan pinggul.

Fase Dukungan Ganda Kedua

Fase dukungan ganda kedua tidak lain adalah inisiasi posisi kekuasaan. Mari kita bahas tentang beberapa perbedaan posisi daya antara teknik rotasi dan meluncur. Di tengah lingkaran, teknik posisi tenaga untuk meluncur dan berputar sama. Postur batang kurang vertikal dalam teknik case glide dibandingkan dengan teknik rotasi. Berbagai teknik tipe luncur menggunakan dasar yang lebih luas sedangkan dalam kasus teknik rotasi, fase perjalanan jauh digunakan.

Urutan Pengiriman

Pertama-tama, posisi torsi harus dipertahankan di antara sumbu pinggul dan bahu. Pelempar harus berputar ke arah lemparan. Pelepasan torsi harus dilakukan ketika sumbu pinggul membuat arah tegak lurus terhadap arah lemparan tetapi posisi alat tidak boleh berubah kali ini.

Pengiriman

Kemudian langkah terakhir melompat harus dilakukan. Segera setelah melompat, saat bola telah diangkat ke atas, tindakan menampar harus dilakukan. Gerakan tangan Anda harus berada di belakang tembakan dan berusaha untuk tetap menyentuh tembakan selama mungkin.

Tolak peluru – Aturan

Aturan lemparan diatur oleh IAAF (Asosiasi Internasional Asosiasi Atletik) dan WMA (Atletik Master Dunia). Jadi mari kita ketahui tentang beberapa aturan penting.

  • Saat nama seorang atlet diumumkan, dia hanya memiliki waktu 60 detik untuk memulai gerakan melempar.
  • Untuk alasan keamanan, para pemain dapat menempelkan jari mereka tetapi mereka tidak boleh memakai sarung tangan.
  • Posisi istirahat dari bidikan berada di dekat leher dan harus tetap di sana selama gerakan.
  • Dengan hanya menggunakan satu tangan, tembakan harus dilepaskan di atas ketinggian bahu.
  • Seorang atlit bisa menggunakan garis keliling inside the circle tetapi tentunya tidak bisa menggunakan border atau area luar dari toe board. Perpanjangan anggota tubuh di luar lingkaran selama lemparan diperbolehkan.
  • Bidang hukum adalah 34,92 derajat dari luas lemparan. Tembakan harus dilemparkan dalam jarak itu.
  • Seorang atlet harus meninggalkan lingkaran dari belakang.

Pelanggaran di Tolak peluru

Sebuah lemparan akan disebut pelanggaran dalam situasi berikut –

  • Atlet tidak berhenti sebelum melakukan tindakan melempar di dalam lingkaran.
  • Atlet tidak dapat memulai lemparan dalam waktu 60 detik setelah memanggil namanya.
  • Atlet memegang pukulan di bawah level bahu atau di luar level vertikalnya.
  • Atlet tidak dapat melakukan kontak terus menerus dengan leher dan tendangannya terlepas.
  • Jika selama melempar tembakan menyentuh salah satu hal berikut ini
    • Bagian atas atau ujung papan jari kaki
    • Sisi atas ring besi
    • Di posisi mana pun di luar lingkaran.
  • Atlet keluar dari lingkaran sebelum pendaratan tembakan.
  • Atlet tidak bergerak dari bagian belakang lingkaran.

Tolak peluru – Juara

Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF) adalah badan pengatur Tolak peluru. Setiap negara yang berpartisipasi memiliki badan pengaturnya sendiri untuk mengatur olahraga dengan sukses di seluruh kalender.

Berikut adalah daftar dari beberapa turnamen penting di Tolak peluru –

  • Olimpiade Musim Panas
  • Kejuaraan dunia
  • Asian Games
  • Kejuaraan Dalam Ruangan Dunia
  • Commonwealth Games

Tolak peluru adalah olahraga di mana pria dan wanita dapat ambil bagian. Mari kita simak sinopsis singkat beberapa juara olahraga ini.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Article
olahraga teratur adalah,manfaat olahraga bagi wanita,manfaat olahraga adalah,manfaat olahraga secara teratur adalah untuk a menyembuhkan penyakit,manfaat olahraga lari,manfaat olahraga secara teratur adalah untuk quizizz,manfaat olahraga menurut para ahli,manfaat olahraga pagi

10 Manfaat Olahraga Teratur Bagi Tubuh

Next Article
olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya,manfaat olahraga bagi kesehatan,makalah manfaat olahraga bagi kesehatan,manfaat olahraga bagi wanita,manfaat olahraga untuk anak,manfaat olahraga untuk kecantikan,manfaat olahraga secara teratur,manfaat olahraga lari

Olahraga Yang Memberikan Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Related Posts